Rabu, 18 Maret 2015

materi kelas 9



Semester ganjil
Bab.I
Mengkriti atau memuji berbagai karya(seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
=>Sebuah karya sastra terdapat kelebihan dan kelemahan sehingga sehingga dengan mudah dapat membuat sebuah pertanyaan yang berupa kritik atau pujian.sebuah kritikan muncul karena kelemahan sebuah karya seni.Dalam mengemukakan keritikan sebuah karya seni,menggunakan bahasa yang santun. Bahasa yang santun akan lebih sempurna apabila di serati dengan alasan yang akal. Pujian sebuah karya seni muncul karena kelebihan karya seni itu sendiri. Pujian dapat dilakukan dengan dua pendekatan,yaitu sebagai berikut :
1. Pendekatan intrinsik, yaitu menggunakan bentuk,gaya, dan membandingkan dengan karya sastra yang lain.
2. Pendekatan ekstrinsik, yaitu menilai karya sastra dihubungkan dengan pemuat atau pembaca atau hal –hal yang berada di luar karya itu sendiri.
    Hal – hal yang dikritik atau dipuji dapat ditinjau dari berbagai segi antara lain kualitas dan kuantitas isi , ejaan, diski , sistematika,harga dan penampilan fisik (Penjilidan, ukuran, jenis kertas,dan lain – lain).
Menemukan Tema,Latar,Penokohan Para cerpen – Cerpen dalam satu buku kumpulan Cerpen
=>Cerpen merupakan ragam cerita rekaan.Cerpen mengisahkan sepenggal kehidupan manusia yang penuh perikaian,megharukan,menyenangkan,dan megandung kesan yang tidak mudah dilupakan.Didalam cerpen terdapat dua unsur yaitu unsur intinsik dan ekstrisik.unsur intisik adalah unsur pembangun cerita yang berasal dari dalam cerita seperti tema, penokohan, alur, latar, dan amanat. Sedangkan unsur ekstisik adalah unsur pembangun yang terdapat di luar cerita. Pada pembahasan akankita pelajari unsur intrinsik cerpen terutama tema, latar, dan penokohan.
1.tema
=>merupakan gagasan atau ideyang mendasari suatu karya sastra. Tema dinyatak secara tersurat dan tersirat. Untuk dapat menemukan tema cerita, pembaca harus membaca dengan cermat dan teliti dengan cara mengidentifi, dan menafsirkan berbagai persoalan hidup yang ada dalam cerita tersebut.
2. Latar atau seting
=>tempat serta keadaan  sosial yang digunakan pengarang dalam menyusun cerita. Latar atau setting cerita terdiri atas latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.
3. penokohan
=> cara pengarang menggambarkan perwatakan tokoh atau pelaku. Pemberian watak atau karakter tokoh dapat dilakukan degan dua cara, yaitu penokohan langsung (anaklitik) dan penokohan  tidak langsung (dramatik).
Latihan soal
1.Dalam mengemukakan sebuah kritik pasa karya seni atau produk hendaknya menggunakan bahasa yang.....
        a.Mencemoh
        b.penuh dengan imajinasi
        c.santun dan lugas
        d.santun dan kias
                Jawaban c
2.Peryataan berikut merupakn kritik yang sopan yang ditunjukan kepada karya orang lain,yakni...
a.Lebih bagus lagi jika anyaman yang Anda buat diberi warna-warni.
b.Lukisan mu seperti benang kusut,sama sekali tidak ada nilai seninya.
c.Suara Anda sangat mengganggu pendengaran karena terlalu tinggi.
d.Kue hasil buatanmu terlalu lama lama di panggang hija menghilangkan selera makan.
        Jawaban A
3.Bacalah kutipan cerpen tersebut!
        Walau bagaimanapun, kusno tak akan putus asa. Ia dilahirkan dalam kengsengsaraan, hidup bersama kesengsaraan.Dan meskipun celan 1001-nya lengkap,klawan kusno akan berjuang terus melawan kesengsaraan, biarpun hanya untuk mendapatkan sebuah celana 1001 yang lain.
Tema kutipan cerpen tersebut adalah....
        a.kesengsaraan
        b.kegigihan
        c.kepasrahan
        d.kesedihan
                Jawaban B


Bab.II
Mengomentari pendapat Narasuber dalam dialog interaktif pada tanyangan televisi atau siaran radio
=>Dalam era globalisasi saat ini, berbagai informasi dapat kalian akses dari berbagi sumber, di antaranya melewati tayangan dialog interaktif di televisi ataupun siaran radio dari tingkat lokal, nasional atau internasional.Adapun cara memberikan komentar terhadap pendapat narasumber dalamdialog interaktif, harus memperhatikan halhal berikut:
1. Bahasa yang digunakan harus kominikatif.
2.Mengunakan kata dan kalimat yang baik dan lugas.
3.Komentar harus disertai alasan yang kuat.
Meresensi buku pengetahuan
=>Resensi berarti memberikan pertimbangan kelebihan dan kekurangan buku. Resensi ada yang mengartikan timbangan buku. Penulis resensi disebut resensator. Dalam meresensi tidak hanya sekedar menceritakn isi  buku tetapi kita melihat secara kritis sebuah  buku.  Dalam meresensi kita juga membahas kelebihan atau kekurangan buku tersebut. Kejujuran harus dimiliki resensator.Resensi terdiri atas tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi , dan penutup.langkah-langkah membuat resensi, yaitu sebagai berikut:
a.Membaca buku secara keseluruhan. Biasanya buku yang akan diresensi adalah buku yang baru terbit.
b.Tulislah data atau identitas buku tersebut yang meliputi judul buku, nama penulis, nama pernebit, tebal buku, cetakan, dan tehun terbit.
c.Membuat ikhtisar atau ringkasan buku yang akan di resensi.
d.Memberi penilaian terhadap buku tersebut dengan memadukan antara ikhtisar dengan pendapat pribadi.
e.Membuat judul resensi. Judul resensi tidak harus sama dengan judul buku.

Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai
=>Membaca memindai digunakan untuk menekan informasi secar cepat dan tepat. Salah satu kegitan dalam membaca memindai adalah menemukan informasi dari indeks buku. Indeks buku adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam buku dilengkapi dengan nomor halaman. Indeks buku disusun menurut urutan abjad. Tidak semua buku membuat indeks buku sebab keberadaan indeks buku bukanlah suatu keharusan.Dengan membaca indeks buku, kita dengan mudah dan cepat dapat menemukan informasi yang berhubungan dengan kata atau istilah yang digunakan dalam buku tersebut.

Latihan soal
1.Kegiatan yang dilakukan dalam meresensi buku adalah.....
        a.menceritakan isi buku
        b.menulis identitas buku
        c.menulis kelebihan buku
        d.memberi pertimbangan baik buruknya buku
                Jawaban D
2.penulis resensi disebut.....
        a.representasi
        b.resentator
        c.resepsions
        d.meresensi
                Jawaban B
4.Berikut yang bukan begian pendahuluan resensi adalah...
        a.penulis
        b.judul buku
        c.tahun terbit
        d.warna buku
                Jawaban D


Semester genap
Bab.I
Menyimpulkan pesan pidato
=>pidato adalah salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan untuk menyampaikan berbagai informasi kepada khalayak ramai. Pidato dapat dilakukan dalam beberbagai  konteks keperluan, misalnya pidato kenegaraan, pidato politik, ceramah ilmiah, ceramah keagamaan, dan lain sebagainya.tujuan kegiatan pidato sebagai berikut:
1. untuk menyampaikan informasi.
2. unuk memberikan arahan,ajaran, atau perintah.
3. untuk memengaruhi orang lain.
4. untuk menghibur.
Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam memahami isi pidato sebagai berikut:
1.Kosentrasi
=>kosentrasi merupakan hal pertama yang harus di perhatikan saat memahami pidato serta memberikan respons yang positif terhadap pidato.
2. Pemahman materi
  =>Memahami isi pidato akan mempermudah untuk myimpulkan pesan     yang disampaikan.
3.Membuat catata
=>catatan akan mempermudah seorang dalam mengigat pesan yang telah disampaikan oleh Pembaca.

Berpidato dengan intonasi yng tepat
=>Dalam kamus besar bahasa Indonesia, pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang di tunjuka kepada banyak orang. Berpidato adalah kegiatan mengungkapkan pikiran secara lisan dihadapan banyak orang.Adapun teknik atau metode yang dapat digunakan dalam membawakan pidato didepan umum sebagai berikut:
1. metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dari umunnya dipakai pada pidato-pidato resmi.
2. Metode catatan kecil (ekstemporan),yaitu menuliskan topik-topik pokoknya yang di jabarkan dalam kerangka.
3. Metode menghafal (memoriter), yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata perkata.
4. metode serta merta (impromptu), yakni membawakan pidato tampa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak mengunakan teknik serta merta.
Latihan soal
1.Pidato sebaiknya disampaikan dengan kaliamat-klimat efektif. Di bawah ini yang merupakn contohkalimat efektif adalah....
        a.para hadirin semua dipersilakan bediri.
        b.Saya ucapkan berjuta-juta terimakasih.
        c.Hadirin dimohon menikmati hidayangan yang ada.
        d.Oleh karena itu,waktu dan tempat saya persilakan.
                Jawaban A
2.Pidato yang disampaikan oleh presiden di depan tamu negara adalah bentuk pidato....
        a.orasi
        b.kenegaraan
        c.keagamaan
        d.ceramah ibadah
                Jawaban B
3.Berikut yang bukan hal yang harus diperhatiakan dalam sebuah pidato adalah....
        a.narasumber
        b.topik pidato
        c.permasalahan yang diuraikan dalam pidato
        d.solusi yang diberikan pembicara
                Jawaban A

Bab.II
Memberi komentar tentang isi pidato
=>Pidato merupakn kegiatan menyampaikan pesan dari orang yang satu kepada pihak lain.Komentar yang disampaikan dapat secara lisan maupun tertulis.Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memberikan komentar tentang isi pidato adalah mendengarkan dengan seksama pidato yang disampaikan, memahami, dan merangkum isi pidato sehingga pada akhirnya kita akan mampu untuk memberikan komentar dan penilaian pidato yang sedang didengar.Dlam memberikan komentar sebaiknya mengunakan bahasa yang lugas dan santun. Beberapa hal yang perlu dilakukan pada saat menyimak pidato sebagai berikut:
1. Menyimak isi pidato dari awal hingga akhir. Hal ini di lakukan agar penyimak dapat menangkap keseluruhan gagasan, pendapat, atau pesan yang disampaikan.
2. Menyimak isi pidato dengan cermat dan teliti. Bila perlu, penyimak mencatat hal-hal penting yang disampaikan dalam pidato. Hal tersebut dilakukan untum membantu penyimak mengigat kembali gagasan, pendapat, dan pesan yang disampaikan dalam pidato.
3. Dengan menyimak pidato sewcara cermat, diharapkan penyimak pidato dapat memahami isi pidato sehingga dapat memberikan komentar terhadap gagasan, pendapat, dan pesan pidato.
Latihan soal
1.Saya pengen mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang mempercayai saya sebagai ketua OSIS untuk priode ini.
Kata baku pengen adalah
a.saya mohon nasehat apabila nanti dalam memimpin OSIS ini banyak sekali salah khilaf.
b.saya mohon nasehat,saran, kritik apabila nantinya dalam memimpin OSIS ini banyak salah.
c.saya mohon nasehat, saran, kritik apabila nantinaya dalam memimpin OSIS banyak salah khilaf.
d.saya mohon nasihat, saran kritik apabila nantinya dalam memimpin OSIS ini salah khilaf.
        Jawaban B
2.komentar yang santun yang dikemukakan terhadap hasil pidato adalah....
        a.pidatomu lumayan bagus. Belajar dimana?
                b.saya senang mendengarkan pidato Anda. Saya tidak bingung  
        memahami isinya.
                c.saya tidak sempat memperhatikan pidatomu karena mengantuk
        d.kamu harus banayak belajar lagi biyar pidatomu enak didengar
                Jawaban B
3.Langkah awal yang perlu ditentukan dalam menyusun pidato adalah..
        a.tujuan pidato
        b.teknik pidato
        c.kerangka pidato

       d.sambutan
                Jawaban A

Sumber: (lks kels 9 semester 1&2 kurikulum KTSP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar